DaerahNasionalPemerintahanTopik Terkini

Bupati Saipul A. Mbuinga Hadiri Penanaman 1000 Pohon di Desa Bulangita

Pohuwato, AndalanIDN – Untuk mewujudkan ketahanan giji bagi masyarakat, Pemerintah Desa Bulangita Kecamatan Marisa menggelar penanaman 1000 pohon buah yang dipusatkan di kebun PKK Desa Bulangita serta dihadiri Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga, Kadis Pertanian, Kamri Alwi, Camat Marisa, Mohammad Huntoyungo, Sabtu (08/07/2023).

Gerakan penanaman 1000 pohon buah resmi dimulai ditandai dengan penanaman oleh Bupati Saipul, Camat Marisa, Kades Bulangita, Fendi Diange, Ketua BPD Bulangita, Luwis Goi, dan Bhabinkamtibmas.

Mewakili pemerintah daerah, Bupati Saipul juga mengapresiasi Pemerintah Desa Bulangita atas upaya yang telah dilakukan dalam rangka ketahanan gizi masyarakat yang ada di Desa Bulangita melalui pemanfaatan berbagai jenis pohon buah.

Bupati, Saipul Mbuinga berpesan untuk merawat dan menjaga pohon-pohon buah yang telah ditanam tersebut, sehingga kedepannya menjadi warisan bagi anak cucu kita.

“Insyaallah Pak Kadis Pertanian akan memberikan pendampingan secara berkala, karena program ini tidak lantas kemudian ditanam hari ini lalu kita lupa tanpa ada pemeliharaan. Jadi, mari tolong rawat dan pelihara pohon ini”,ucap bupati.

Bupati Menambahkan, atas nama pemerintah menyampaikan banyak terima kasih kepada kepala desa bersama jajaran pemerintah desa bulangita yang telah mengambil bagian dalam penanaman berbagai macam pohon buah, dan ini merupakan hal yang sangat penting terutama dalam menjaga keasrian lingkungan.

Untuk itu, Kadis Pertanian Pohuwato, Kamri Alwi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mendistribusikan bibit kepada Kepala Desa Bulangita, sehingga pohon buah yang telah ditanam tersebut bisa tumbuh banyak dan berkembang secara maksimal.

“Alhamdulillah, Desa Bulangita sudah mencanangkan penanaman pohon buah, insyaallah kami dari dinas pertanian akan support beberapa bibit pohon lagi yang dibutuhkan”, tutur Kamri Alwi.

Sebelumnya, Kades Bulangita, Fendi Diange dalam laporannya menyampaikan, program ini dilakukan untuk mengantisipasi atau mengurangi stunting yang juga merupakan program pemerintah kabupaten, yang kemudian ditindaklanjuti sampai di tingkat desa yaitu ketahanan gizi. Pohon buah yang ditanam ini nantinya akan menjadi milik bersama dan aset desa yang kemudian bisa dinikmati bersama pula.

Pada kegiatan itu diserahkan pula bibit pohon buah secara simbolis oleh Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga kepada Ketua BPD Bulangita, Luwis Goi dan beberapa perwakilan masyarakat Desa Bulangita. (MD)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button