AdvertorialDaerahPolitikTopik Terkini

Ismet Mile, Sang Tokoh Pemekaran Desa dan Kecamatan di Bone Bolango

BoneBolango, AndalanIDN – Ismet Mile, bukan hanya dikenal sebagai mantan Bupati Bone Bolango periode 2005 – 2010. Lebih dari itu, ia dikenal sebagai tokoh pemekaran desa dan kecamatan di Kabupaten Bone Bolango.

Kabupaten Bone Bolango yang saat berdiri pada pertengahan tahun 2003 itu hanya terdiri dari 4 kecamatan yaitu Tapa, Kabila, Suwawa dan Bone Pantai dan terdiri dari 63 desa/kelurahan definitif.

Saat itu, Ismet Mile yang ditunjuk dan diangkat oleh Mendagri sebagai Penjabat Bupati Bone Bolango melihat bahwa untuk mengakselerasi percepatan pelayanan publik dan pembangunan di Kabupaten Bone Bolango maka hal yang paling strategis untuk dilakukan saat itu adalah melakukan pemekaran desa dan kecamatan. Hal ini dimaksudkan agar rentang kendali penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik menjadi lebih pendek.

Dengan visi menjadikan Bone Bolango bukan kota ujung, Ismet Mile pun melakukan pemekaran desa dan kecamatan di Kabupaten Bone Bolango meski hal itu banyak mendapatkan tantangan bahkan penolakan dari sejumlah pihak. Namun, dengan kekuatan argumentasi Ismet Mile yang dikenal sangat piawai dalam mentranformasi ide – ide briliannya kepada para tokoh sentral di 4 kecamatan induk saat itu, akhirnya rencana pemekaran desa dan kecamatan di Kabupaten Bone Bolango pun terealisasi. Jumlah desa/kelurahan pun menjadi 165 yang tersebar di 18 kecamatan yang awalnya hanya terdiri dari 63 desa/kelurahan yang tersebar di 4 kecamatan.

Keberhasilan Ismet Mile dalam pemekaran desa dan kecamatan di Kabupaten Bone Bolango tidak hanya memberikan manfaat yang besar bagi rakyatnya, namun lebih daripada itu Ismet Mile telah mampu menciptakan lapangan kerja baru bagi para lulusan SMA dan Sarjana yang masih menganggur. Banyak dari mereka menjadi aparat desa hingga diangkat menjadi pegawai honorer bahkan ASN di lingkungan Pemerintah desa/kelurahan dan kecamatan.

Maka, tak berlebihan jika rakyat di Kabupaten Bone Bolango menjuluki Ismet Mile sebagai Tokoh Pemekaran bahkan tak berlebihan jika rakyat di Kabupaten Bone Bolango memberikan apresiasi kepadanya sebagai pemimpin yang telah menjadikan perubahan yang sangat mendasar bagi daerah dan rakyat di Kabupaten Bone Bolango yang masih bisa dirasakan hingga saat ini. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button