DaerahNasionalPemerintahanTopik Terkini

Meriahkan FPPC 2024, Camat Marisa : Perlunya Keterlibatan Desa

Pohuwato, AndalanIDN – Suksesnya sebuah agenda atau kegiatan besar daerah tentu lahir dari koordinasi dan kolaborasi yang baik seluruh stakeholder tak terkecuali pemerintah Desa.

Hal inilah yang coba disarankan oleh Camat Marisa, Mohamad Huntoyungo, saat diwawancarai terkait tanggapan akan digelarnya event pariwisata Nasional di Kabupaten Pohuwato.

Huntoyungo mengungkapkan pentingnya peran pemerintah desa untuk turut mensukseskan agenda tersebut sehingga kolaborasi antara Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pohuwato dan desa harus terus digiatkan.

“Saya mau sarankan inikan event Nasional maka desa-desa kayak Popayato, Wangarasi yang di pelosok itu diundang artinya supaya merasakan euforia event ini, artinya pencanangan itu sekiranya melibatkan semua aparat desa se Kabupaten Pohuwato,” ungkapnya, Rabu (12/06/2024).

“Saya berharap bahwa event ini memberi manfaat tidak hanya dari sisi ekonomi tetapi juga dari pengembangan destinasi wisata di daerah, seperti fasilitas dan lain-lain,” harap Huntoyungo.

Sebagai kecamatan yang menjadi tuan rumah, Camat Marisa ini menambahkan sangat mendukung event Festival Pesona Pohon Cinta (FPPC) 2024 ini agar terselenggara dengan sukses.

“Kami pemerintah kecamatan sangat mendukung Festival ini. Tetapi jangan lupa pentingnya kolaborasi Dinas Pariwisata dengan semua tingkatan pemerintahan dari desa, dusun, kecamatan. Karena destinasi wisata itu terletak di desa,” tutur Huntoyungo.

Sementara itu, salah satu Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Marisa turut mendukung agar event Pesona Pantai Pohon Cinta 2024 dapat berlangsung dengan sukses dan lancar.

“Yaa kami dari pemerintah desa bangga dengan adanya Festival Pesona Pohon Cinta ini. Kami sangat mendukung dan akan turut mensukseskan. Harapannya insyaallah kegiatan FPPC 2024 akan sukses dan nanti bukan hanya sampai ditingkat Nasional tetapi sampai di tingkat Internasional, Amin,” ucap Kades Palopo, Agus Hulubangga.

Menanggapi masukan dari pemerintah kecamatan, Dra. Rusmiati Pakaya selaku Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pohuwato menyambut baik hal tersebut.

Mengingat suksesnya kegiatan FPPC 2024 butuh peran serta partisipasi dari semua pihak sehingga nantinya lewat festival ini, pariwisata Pohuwato akan lebih berkembang dan dikenal secara Nasional.

“Sebagaimana saya sampaikan saat lepas meeting dengan PTP dan panitia. Bahwa giat ini tidak akan memberi hasil maksimal jika tdk melibatkan stakeholder. Sejalan dengan harapan pak camat, Insyaa Allah kami membuka seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat Pohuwato untuk berpartisipasi,” jelas Rusmiati.

“Apalagi PEMDES (pemerintah desa) adalah bagian terdepan dari pemerintah daerah. Besar harapan kami adanya partisipasi dar pemerintah sampai ke tingkat pedukuhan untuk undangan Insyaa Allah Akan kami buatkan undangan melalui camat. Mohon doa dan dukungan maksimalnya,” pungkasnya.

(Abd)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button