PemerintahanTopik Terkini

Pemerintah Kecamatan Buntulia Gelar Sarasehan Adat

Pohuwato, AndalanIDN – Kegiatan Sarasehan Adat digelar Pemerintah Kecamatan Buntulia, yang diikuti para Kepala Desa dan pemangku adat Se-Kecamatan Buntulia, Kamis (13/06/2024).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Dinas PU, Kamis, (13/06/2024), dibuka langsung Camat Buntulia, Syaiful Bahri Hunta.

Camat Buntulia, Saiful Hunta saat diwawancarai menyampaikan, kegaiatan Sarasehan Adat ini dilaksanakan guna perbaikan dan penyesuaian adat di Kecamatan Buntulia.

Selain itu berbicara soal adat, ini adalah hal yang sangat penting. Karena keseharian kita diatur oleh tiga hukum, hukum syariat, hukum negara dan hukum adat. Sehingga hukum adat ini perlu untuk senantiasa dipelajari.

“Mengingat seperti apa yang disampaikan oleh Ketua Lembaga Adat tadi, karena banyak adat di Buntulia yang sudah melenceng atau tidak sesuai dengan yang seharusnya dibuat. Dan itu sering saya alami ketika menghadiri beberapa kegiatan di Desa,” ungkap Camat Saiful.

Dalam tanda petik menurut Camat Buntulia, Adat di Buntulia sendiri sudah mengalami degradasi, sudah menurun kualitasnya atau banyak yang tidak sesuai.

“Maka kami mengagas kegiatan ini, dengan menghadirkan Pemateri-pemateri yang paham dengan Adat istiadat di Gorontalo lebih khusus di Kabupaten Pohuwato. Karena Adat ini harus terus kita lestarikan dan kita mantapkan kembali sebagaimana mestinya,” tandas Camat Buntulia.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua MUI Kabupaten Pohuwato, Drs. H. Fahry J. Djafar, M.HI, Bate Lo Pohuwato, Asmat N. Tuna, Hakimu Pohuwato, Ustadz Wisno Pakaya, hadir pula Ketua Lembaga Adat Kecamatan Buntulia.

(Abd)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button