DaerahEkonomi & BisnisNasionalPemerintahanTopik Terkini

Peran Lintas OPD dan Stakeholder Sangat Penting Sukseskan FPPC 2024

Pohuwato, AndalanIDN – Peran masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan seluruh stakeholder dalam mensukseskan kegiatan yang dapat mengangkat dan mempromosikan potensi daerah di kancah Nasional betul-betul sangat dibutuhkan.

Sebuah kegiatan besar yang mengangkat nilai tradisi, budaya dan potensi daerah harusnya sejalan dengan semangat, upaya dan perhatian yang serius dari semua pihak.

Singkatnya, daerah yang maju dan berkembang didukung oleh sumber daya manusia yang mampu menghadirkan inovasi, kreatifitas dan manajemen yang baik dalam pemerintahan.

Festival Pesona Pohon Cinta (FPPC) adalah salah satu ajang yang tepat untuk mempromosikan hal tersebut. Dimana festival yang akan digelar pada bulan Juli nanti ini telah menjadi salah satu kegiatan yang ditetapkan pada kalender event pariwisata Nasional.

FPPPC
Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa bersama Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Hms/Andalan)

Bersama dengan 110 event pariwisata lainnya, Festival Pesona Pohon Cinta berhasil masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) yang dilaunching oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Sabtu (27/01/2024) lalu.

Launching Kharisma Event Nusantara yang berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dibuka langsung oleh Menparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno dan dihadiri oleh Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa.

Kepala Dinas Pariwisata dan Olahraga Pohuwato, Rusmiati Pakaya saat dikonfirmasi Senin (10/06/2024) mengatakan tahapan menjelang pelaksanaan FPPC 2024 sudah dilakukan sejak bulan Februari.

“Alhamdulillah kami sudah ada di tahap persiapan dan tahapan ini sudah berjalan sejak bulan Februari untuk koordinasi dengan stakeholder karena kami yakin kesuksesan kegiatan ini tidak hanya bisa dilaksanakan oleh dinas teknis pariwisata dan pemerintah daerah saja tetapi membutuhkan dukungan aktif dari stakeholder,” ujarnya.

“Khususnya para pelaku bisnis pariwisata diantaranya perhotelan, kuliner yang pasti secara langsung atau tidak langsung berimbas pada pertumbuhan ekonomi yang kami harapkan justru menjadi sasaran dari kegiatan seperti ini,” tambahnya.

Selain itu untuk Festival Pesona Pohon Cinta tahun ini menurut Rusmiati pihaknya akan berusaha maksimal dalam mensukseskan kegiatan ini.

“Tahun ini alhamdulillah FPPC masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN), kami berharap arahan dari kementerian pariwisata terkait perbaikan kualitas pelaksanaan FPPC ini kami berusaha untuk memenuhinya dan tentu kualitasnya harus kami tingkatkan karena ini merupakan tiket kami untuk mendapatkan lagi KEN di 2025 tahun depan,” ungkap Rusmiati.

“Jadi apa yang menjadi arahan kementerian terkait evaluasi pelaksanaan di tahun kemarin itu menjadi catatan besar bagi kami dan berusaha sedapat mungkin sekuat kami untuk kami penuhi,” pungkasnya.

(Abd)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button